Kamis, 09 Mei 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA TAMBAHARJO

Sejarah Desa Tambaharjo, Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen

Sejarah Desa Tambaharjo, Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen

Tambaharjo news - Sejarah terbentuknya Desa Tambaharjo yang ada sekarang ini tidak diketahui secara pasti dan tidak pernah ditemukan dokumen sejarah dari pemerintahan desa sebelumnya, namun cerita dari mulut ke mulut Desa Tambaharjo dahulu terbentuk pada jaman Mataram.

Awal mula berdirinya Desa Tambaharjo merupakan sebuah gabungan dua buah kelurahan yaitu kelurahan Karangduwur dan Kelurahan Bugel. Kelurahan Karangduwur terdiri dari karangduwur, Pabrit dan Patut sedangkan kelurahan Bugel terdiri dari Bugel dan Cangkringan. Babat alas Kelurahan Karangduwur Pada jaman dahulu adalah Mbah Surakarsa.

Kepemimpinan Pertama oleh lurah pertama Nuryamenawi kemudian luarah kedua H. Doelah kemudian Lurah Mad Yamin dan Marta Sentana. Dari ketiga lurah tersebut tidak diketahui tentang masa kepimpinan dan tahun kepemimpinannya. Sedangkan Kelurahan Bugel dibabat alas oleh mbah tamenggala dan Mbah Surawana,  yang merupaka Prajurit dari Pangeran Diponegoro. Kelurahan Bugel dipimpin oleh Dipadiwangsa sebagai lurah pertama dan Dipadiwirya sebagai lurah kedua. 

Pada waktu itu masih dalam masa penjajahan Belanda dan Kedua Kelurahan masih banyak terdapat rawa-rawa sehingga untuk kehidupan masih sangat kekurangan makanan. karena pada saat itu hanya mengandalkan hasil pertanian dan palawija yang dilakukan secara tradisional.   

Pada Tahun 1921 terjadi Blengketan (Penggabungan dua Kelurahan) antara Kelurahan Karangduwur dan Keluraha Bugel. Diberi nama Desa Tambaharjo dapat diartikan tambah (lebih) harjo (makmur) sehingga harapannya ketika kedua kelurahan digabung menjadi lebih makmur.

Setelah Indonesia merdeka terjadi pemilihan kepala desa pertama yang dilaksanakan di Karangduwur dan menghasilkan Kartosupono sebagai Kepala Desa di Desa Tambaharjo. Kemudian terjadi peremajaan kepala desa pada tahun 1988. Terjadi pemilihan kepala desa yang kedua pada tahun 1988 dan Tasimun sebagai Kepala Desa Terpilih, menjabat sampai Tahun 1998. Kepala Desa terpilih periode ketiga Yaitu Yahyo yang menjabat dari tahun 1998 sampai dengan 2006. Sedangkan untuk Periode 2007 sampai dengan 2013 dijabat oleh Drs. Mahdi sebagai Kepala Desa yang ke empat. Di tahun 2013 terjadi pemilihan Kepala Desa Tambaharjo masa periode 2013 sampai 2019 dan sekaligus sebagai Kepala Desa yang lima yaitu Akhmadi. Periode Kepemimpinan 2019 sampai dengan 2025 dijabat kembali oleh Akhmadi sebagai Kepala Desa Tambaharjo Terpilih.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

SEJARAH DESA Terkait

Kebumen Terkini

Tim Validasi Beri Masukan Agar Geopark Kebumen Masuk Unesco Global Geopark
Berkunjung ke Kebumen, Jajaran Pemkab Buton Tengah Belajar Shrimp Estate
Pastikan Kesiapan Masuk UGGP, Geopark Kebumen Dapat Validasi Lapangan dari 3 Kementerian
Cegah Stunting, 905 Warga di Kebumen Dapat Bantuan Jamban dan Tangki Septik
Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen

Arsip SEJARAH DESA

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2