Senin, 20 Mei 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA TAMBAHARJO

PEMBINAAN PASCA PANEN PADI BIDANG TANAM PANGAN, HOLTIKULTURA DAN PERKEBUNAN

PEMBINAAN PASCA PANEN PADI BIDANG TANAM PANGAN, HOLTIKULTURA DAN PERKEBUNAN

Tambaharjo News_ Kamis 16 Februari 2023 Kelompok Tani Sido Makmur Desa Tambaharjo Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen melaksanakan acara Panen Raya dengan didampingi oleh PPL Kecamatan Adimulyo, Uji sample terhadap hasil panen pun dilaksanakan. Diambil dari dua titik dengan ukuran 2,5 x 2,5 m2, pada titik pertama menghasilkan 5,5 kg sedang untuk titik kedua menghasilkan 4,9 kg sehingga dari hasil sample yang diperoleh,  dapat dihitung untuk hasil perhektar memperoleh panen sebanyak 8.15 ton.

Kegiatan panen raya tersebut merupakan tindak lanjut dari pelaksaan pelatihan dari Dinas Pertanian Kabupaten Kebumen dan PPL Kecamatan Adimulyo. Pelatihan tersebut merupakan Pelaksaaan Program SIMURP dengan Pendekatan CSA. Dan dilaksakan selama tiga kali pertemuan di Kelompok Tani Sido Makmur Desa Tambaharjo Kecamatan Adimulyo. Adapun hasil dari Pelatihan tersebut dapat terlihat dari hasil panen yang lebih meningkat dari hasil panen sebelumnya.

Kegiatan pengambilan uji sample dilanjutkan dengan Sosialisasi dan Pembinaan Pasca Panen. Untuk Narasumber langsung dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen dan  PPL Kecamatan Adimulyo. Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa salah satu pengurangan hasil panen adalah adanya limbah panen (Jerami) yang seharuskan untuk mengembalikan kesuburan tanah tetapi diambil sebagai pakan ternak, sedangkan kotorannya tidak digunakan untuk pupuk organik untuk sawah tersebut. Selain itu juga disampaikan bahwa dalam cara memanen padi pun harus diperhatikan, karena dengan cara memanen padi yg kurang baik, maka banyak padi yg terbuang sia-sia. Baik yang masih didalam jerami karena kurang bersih dalam melakukan perontogan ataupun tercecer saat membawa atau mengemas.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter